Trend

Tim MISSER Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) Raih Medali Emas

Berita Trend – Tim MISSER Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) meraih medali emas, sekaligus menjadi satu-satunya tim yang mendapat Special Award dari GCC Patent Office Saudi Arabia for Best Invention untuk penemuan terbaik di ajang World Young Inventors Exhibition (WYIE) 2022 yang digelar Mixedly di Malaysia pada 25-27 Mei 2022.

WYIE 2022 diikuti oleh 120 tim dari 16 negara dan merupakan salah satu dari tiga pameran yang diadakan di International Invention, Innovation and Technology Exhibition (ITEX) 2022. Selain WYIE 2022 sendiri, ada pameran lain di ITEX 2022, di antaranya Pameran Asia Young Inventors. (AYIE) dan Malaysia untuk Penemu Muda (MYIE).

Bertempat di Kuala Lumpur Convention Centre, Tim MISSER FK Undip mempresentasikan karya inovatifnya, MISSER (Steaming Jelly Shoots): Alternative Biolarvicide Larvae (Chrysomya Bezziana) Infectios Myiasis using Rebung Bambu Apus (G. Apus). MISSER (Myiasis Bamboo Shoot Gel Spray) adalah biosida untuk pengobatan infeksi myiasis dan terbuat dari 100% bahan alami, ekstrak rebung. Pemilihan spray gel adalah untuk memudahkan aplikasi dan mencegah kontaminasi dari sumber lesi.

Myiasis sendiri merupakan infeksi yang disebabkan oleh penanaman larva lalat hijau (Chrysomya Bezziana) pada lesi kulit yang dapat memperparah kondisi luka. Kasus myiasis banyak ditemukan pada hewan ternak, seperti sapi, kambing, babi, dll. Namun, tidak menutup kemungkinan dapat menginfeksi manusia dengan myiasis.

Untuk pengobatan hingga saat ini masih mengandalkan antibiotik dan senyawa kimia. Namun, ini memiliki efek samping seperti meningkatkan resistensi, menyebabkan kanker, keracunan, dan residu daging dan susu. Oleh karena itu, diperlukan suatu solusi dalam pengobatan myiasis dari bahan-bahan alami untuk mencegah efek samping namun tetap efektif dalam pengobatan myiasis.

Ekstrak kuncup bambu apus dipilih berdasarkan beberapa alasan, mudah ditemukan di Indonesia, masih sedikit digunakan karena baunya yang khas dan rasanya yang agak pahit, mengandung fenol, tanin, alkaloid dan HCN yang berguna untuk mengobati luka dan membunuh larva sehingga dapat digunakan dalam pengobatan luka Digunakan dalam pengobatan myiasis.

Sebelum berpartisipasi dalam kompetisi WYIE 2022, tim MISSER melakukan penelitian sebelumnya yang ekstensif untuk mendapatkan dan mengembangkan temuan data dan terus berkonsultasi dengan moderator.

“Selain itu, karena sistem penilaian melalui presentasi, kami perlu menyiapkan materi khusus untuk dipresentasikan secara singkat, padat, tetapi cukup memberikan informasi secara lengkap terkait ide yang kami angkat. Kesiapan dari diri kita juga perlu, mulai dari mental sampai kepada pemahaman terkait materi dan hal-hal lain yang akan disampaikan saat lomba juga harus dipersiapkan secara matang.” ungkap Nurul Azizah Dian Rahmawati selaku research and development MISSER Team.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker