Trend

PSG Untung Rp 10,9 T Berkat Lionel Messi

Berita BolaLionel Messi gagal mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Paris Saint-Germain. Namun, PSG mendapatkan keuntungan besar berkat Messi.

Pemain Terbaik Dunia itu hanya menyumbang tujuh kali dengan 11 gol dan 15 assist dalam 34 pertandingan untuk PSG sepanjang 2021/22. Performa buruk Messi bernilai tiga uang dengan Paris Saint-Germain gagal setelah tersingkir lebih awal dari Liga Champions, meskipun memenangkan gelar Ligue 1.

Namun, ada yang patut dirayakan dengan kehadiran Messi di Parc des Princes. Laporan Marca mengatakan PSG menghasilkan hampir 700 juta euro (sekitar 10,9 triliun rupiah).

Les Parisiens tidak menghasilkan pendapatan seperti itu dalam satu musim. Pendapatan berasal dari sponsorship dan penjualan merchandise. PSG telah menerima setidaknya 10 sponsor baru setelah mendorong penyerang berusia 35 tahun itu.

“Kami sudah pasti melihat perkembangan di beberapa area di mana kami dulu bisa mencapai kesepakatan di antara 3-5 juta, dan sekarang kesepakatannya di antara 5-8 juta. Jadi dampaknya sangat besar,” kata Direktur PSG yang mengurusi sponsor Marc Amstrong.

Musim lalu, Paris Saint-Germain berhasil menjual sekitar satu juta kaus, sekitar 60% di antaranya bertuliskan nama Messi dan nomor 30 di bagian belakang. Selain itu, pendapatan serupa juga diraih PSG sepanjang 2020/21 ketika mencapai 41 juta euro saat musim 2021/22 masih separuh jalan karena Messi.

“Permintaannya naik 30 atau 40% dan yang hanya bisa memperlambatnya hanyalah suplai. Ketika perekrutan sebesar ini terjadi seperti [Cristiano] Ronaldo ke [Manchester] United, contohnya, anda mungkin berpikir dia akan digaji dari penjualan kaus, tapi bukan karena itu. Anda toh tidak bisa memproduksi banyak kaus tambahan.”

“Kami sudah berhasil menjual banyak sekali jersey, mungkin lebih baik daripada tim manapun di dunia untuk seorang pemain, dan itu menempatkan kami di level yang berbeda.”

Selain pendapatan yang impresif, Lionel Messi juga mendatangkan banyak penggemar baru. PSG kini memiliki total 150 juta pengikut di berbagai media sosial.

“Kami memperoleh rata-rata 1,4 juta per pekan dan kami adalah klub pertama yang mencapai 10 dan 20 juta pengikut di TikTok atau merek top Prancis di Instagram,” imbuh Armstrong menjelaskan pengaruh positif Lionel Messi terhadap PSG.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker