Asuransi

Pengertian Serta Manfaat Asuransi Dwiguna

Inewsindo – Asuransi dwiguna merupakan jenis asuransi yang populer dan tentunya memberikan banyak manfaat penting untuk melindungi pemegang polis. Tentu dari namanya sudah bisa ditebak, karena asuransi dwiguna ini sekaligus akan memberikan dua keuntungan bagi para nasabahnya.

Apa manfaat dari keduanya? Asuransi ini pasti akan melindungi Anda dari berbagai konsekuensi finansial akibat kematian dini atau hal lainnya. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menjadi pemegang polis, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang asuransi dwiguna. Kali ini, Klikasuransiku akan membahas secara lengkap tentang Asuransi Dwiguna, manfaat dan fungsinya.

Apa Itu Asuransi Dwiguna

Asuransi Dwiguna atau disebut juga dengan Asuransi Wakaf adalah perlindungan yang memberikan kepada nasabahnya sejumlah uang pada saat meninggal dunia dalam jangka waktu tertentu. Kemudian nasabah juga berhak atas uang pertanggungan secara penuh apabila tertanggung masih hidup pada akhir masa pertanggungan dan sesuai dengan masa pertanggungan.

Nasabah yang menyelenggarakan asuransi ini akan membayar biaya polis secara berkala dan juga sesuai dengan perjanjian layanan asuransi. Maksud dari beban polis asuransi adalah jumlah yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi setiap bulannya atau disebut juga dengan premi asuransi.

Fungsi Dari Asuransi Dwiguna

Fungsi asuransi dwiguna ini bagi nasabahnya adalah memberikan jaminan berupa kepastian nilai dana yang nilainya disesuaikan dengan kesepakatan pertama. Kemudian premi cenderung tetap dari segi jumlah.

Jika biaya yang dibutuhkan dapat diprediksi dari segi waktu dan kuantitas. Jadi, tentunya dana dapat dikelola dengan baik dan risiko terlindungi oleh asuransi endowmen. Misalnya, jika Anda memiliki premi yang Anda bayarkan sekitar 5 juta rupee per tahun, Anda akan memiliki total pertanggungan sekitar 300 juta rupee di tahun ke-20. Padahal anak itu baru berusia dua tahun.

Dengan cara ini tentunya Anda juga bisa memprediksi perkiraan total biaya yang dibutuhkan saat anak Anda duduk di bangku taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, bahkan perguruan tinggi. Kemudian tentunya Anda juga dapat menyesuaikan biaya yang tersedia dengan pilihan sekolah dan kebutuhan untuk meramalkan kenaikan biaya pendidikan dengan memperhitungkan inflasi.

Hal ini karena besarnya inflasi dalam satu tahun tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi kelangkaan dana, Anda juga harus memperkirakan berapa kenaikan uang pendidikan saat terjadi inflasi. Selain itu, nasabah harus membayar premi asuransi dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Anda dapat menggunakan asuransi dwiguna ini untuk berbagai keperluan termasuk pendidikan dan dana pensiun.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker