Trend

Makna 5 Simbol Pancasila Sila 1-5, Mari Pahami Bersama

Berita Trend – Lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila, memiliki tameng berbentuk hati atau tameng di dada burung garuda. Perisai dibagi menjadi lima ruang, satu di tengah dan empat di tepi. Ruangan tameng berisi lambang pancasila, prinsip 1-5.

Prinsip lambang Pancasila 1-5 terletak pada lambang Garuda Pancasila dari tengah tameng, kanan atas, kemudian berurutan searah jarum jam, Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas IV oleh Ketut Rindjin.

Simbol Pancasila Sila 1-5

1. Sila ke-1

Bunyi sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Sila ke-1 Pancasila memiliki simbol bintang persegi lima warna kuning di atas perisai berwarna dasar hitam. Sila pertama mengandung makna ketuhanan bagi tiap manusia dan cahaya bagi rohani manusia.

2. Sila ke-2

Bunyi sila kedua Pancasila yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Simbol sila ke-2 Pancasila yaitu rantai. Rantai tersebut terdiri atas mata rantai persegi yang melambangkan laki-laki dan mata rantai lingkaran yang melambangkan perempuan.

Simbol sila kedua Pancasila bermakna bahwa setiap manusia saling membutuhkan dan perlu bersatu untuk menjadi kuat, mengakui, memperlakukan setiap orang dengan adil dan setara sesuai hak dan kewajiban asasi manusia.

3.  Sila ke-3

Bunyi sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.

Simbol sila ke-3 Pancasila yaitu pohon beringin. Simbol Pancasila sila ke-3 ini mencerminkan kesatuan dan persatuan Indonesia yang mengakar kuat di tengah keberagaman Indonesia dan menyatu di bawah naungan Indonesia.

4. Sila ke-4

Bunyi sila keempat Pancasila adalah Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.

Simbol sila ke-4 Pancasila adalah kepala banteng, hewan yang suka berkumpul. Simbol sila ke-4 mencerminkan pengambilan keputusan yang dilakukan secara musyawarah, kekeluargaan, dan gotong royong. Dalam musyawarah, masyarakat diajak ikut serta dalam kehidupan politik dan pemerintahan sesuai kedudukan masing-masing.

5. Sila ke-5

Bunyi sila kelima Pancasila adalah Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Simbol sila ke-5 Pancasila adalah padi dan kapas. Padi dan kapas mencerminkan kebutuhan dasar manusia, yaitu pangan dan sandang. Tercukupinya sandang dan pangan merupakan syarat utama mencapai kemakmuran, tujuan utama sila ke-5.

Simbol Pancasila ke-5 bermakna cita-cita agar rakyat Indonesia berperan aktif sesuai kemampuan dan kedudukan masing-masing demi terwujudnya kesejahteraan umum.

 

 

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker