Crypto

Keunggulan Mata Uang Kripto Yang Kini Buming

iNeswindo – Di tengah pesatnya perkembangan Internet, banyak bidang yang beralih ke arah digital, termasuk sektor keuangan. Salah satu yang paling populer adalah Cryptocurrency atau disebut juga aset kripto.

Banyak orang yang belum mengetahui apa itu Cryptocurrency, Cryptocurrency sendiri merupakan cryptocurrency digital dan hanya bisa digunakan untuk transaksi di dunia digital. Cryptocurrency pada dasarnya berasal dari dua kata, yaitu cryptography yang berarti kode rahasia dan currency yang berarti mata uang.

Di Indonesia, istilah cryptocurrency belum disahkan sebagai alat pembayaran yang sah, hal ini sesuai dengan surat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No. S-302/M.EKON/09/2018 tanggal 24 September 2018 perihal tindak lanjut pelaksanaan Rapat Koordinasi Pengelolaan Aset Kripto. Sebagai komoditas yang diperdagangkan di bursa berjangka.

Keunggulan Kripto

Meski belum menjadi mata uang kripto yang belum dilegalkan di Indonesia, namun bukan berarti tidak ada kelebihannya. Cryptocurrency menawarkan proses transaksi yang sangat mudah kepada investornya. Hal ini dikarenakan sistem yang digunakan terdesentralisasi sehingga kerentanan di sektor perbankan dapat dihilangkan sepenuhnya oleh Cryptocurrency.

Hingga saat ini proses transaksi harus melalui perantara bank, namun dengan cryptocurrency, konsumen tidak perlu khawatir, karena dapat langsung mengakses cryptocurrency, sekaligus menggunakan sistem pembayaran PayPal untuk cryptocurrency.

Transparansi Kripto

Aktivitas dalam transaksi cryptocurrency transparan, dan semua transaksi akan dicatat dengan jelas dalam buku besar terbuka atau blockchain. Dengan demikian, pengguna dapat mengakses data kapan pun mereka mau. Tentunya hal ini dapat menekan tingkat korupsi karena semuanya bisa dilihat secara transparan.

Tidak semua data yang dimasukkan ke dalam blockchain dapat diubah secara sembarangan, sehingga keamanannya relatif terjamin. Cryptocurrency juga memiliki sifat open source yang memungkinkan pengguna untuk lebih mandiri dan memiliki peluang besar untuk mengakses pendanaan.

Akses Mudah

Aset Crypto dapat diakses kapan saja, di mana saja selama 24 jam dan Anda tidak lagi memerlukan bantuan perbankan untuk mengaksesnya. Anda dapat mengakses cryptocurrency di mana pun dan kapan pun Anda mau.

Di antara banyak keuntungan yang disebutkan di atas, sebelum terjun ke dunia Kripto ada baiknya anda terlebih dahulu memahami beberapa koin yang ada di dalamnya seperti pengertian Bitcoin supaya anda tidak melewatkan hal yang begitu perlu di perhatikan dalam dunia Kripto.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker