Asuransi

Kenali Biaya Lain Yang Harus di Bayar Selain Premi Asuransi

Inewsindo – Mendapatkan asuransi berarti Anda telah memberikan perlindungan finansial bagi Anda dan keluarga. Manfaat asuransi yang akan Anda rasakan akan sebanding dengan biaya asuransi yang harus Anda bayarkan secara rutin setiap bulannya.

Biaya Asuransi Umum

Biaya asuransi yang dikenal adalah premi. Premi adalah kewajiban yang dikeluarkan oleh pemegang polis dalam bentuk pembayaran bulanan secara berkala kepada perusahaan asuransi selama jangka waktu tertentu dan sesuai dengan kesepakatan yang tertulis dalam polis asuransi.

Selain premi, banyak biaya asuransi lain yang dilaporkan dari Lifepal (4/6/21), termasuk biaya pembelian, biaya asuransi, administrasi, penarikan, biaya penggantian polis, biaya transfer dana investasi unit, Asuransi linkage, pengelolaan reksa dana, asuransi telekomunikasi dan pajak.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasanya untuk anda.

Biaya Pembelian / Akuisisi

Biaya pembelian meliputi biaya pemeriksaan kesehatan, kebijakan pembelian, pencetakan dokumen, biaya lapangan, biaya pos dan telekomunikasi, serta upah pegawai dan tenaga pemasaran.

Besarnya nominal biaya pembelian tergantung dari produk asuransi dan perusahaan asuransi itu sendiri. Biaya akuisisi didasarkan pada angsuran berkala dari berbagai jumlah token, yang umumnya 70 persen untuk tahun pertama dan kedua. Pada tahun ketiga hingga kelima, sebesar 20 persen. Kemudian pada tahun keenam dan seterusnya 0% atau gratis.

Biaya Asuransi

Biaya asuransi diambil dari saldo unit anuitas berkala, dalam hal saldo habis, biaya asuransi dapat diambil dari saldo unit anuitas tambahan. Biaya asuransi ini akan dibayarkan secara berkala selama polis asuransi Anda masih berlaku.

Besarnya biaya asuransi tergantung pada usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan pemegang polis, status merokok atau tidak, dan besarnya uang pertanggungan.

Biaya Administrasi

Besarnya biaya administrasi bervariasi dan tergantung bagaimana pemegang polis memilih frekuensi pembayaran. Angsuran berulang dibagi menjadi empat angsuran tahunan (12 bulan), setengah tahunan (6 bulan), triwulanan (3 bulan) dan bulanan.

Dengan cara ini, rincian biaya administrasi kepada pemegang polis termasuk jumlah berulang tahunan sebesar Rp 10.000 per bulan. Frekuensi setengah tahunan adalah Rp. 20.000 rupee per bulan setiap tiga bulan. 27.500 per bulan, dengan frekuensi bulanan Rs. 35 ribu per bulan. Semua biaya administrasi akan dipotong dari saldo unit anuitas berulang. Jika kredit habis, maka akan dipotong dari premi unit credit.

Jika Anda menggunakan fasilitas transaksi elektronik seperti e-policy, e-transaction statement dan metode pembayaran premi menggunakan rekening tabungan kartu kredit Autodebit atau Autodebit Anda, Anda akan dibebaskan dari biaya administrasi.

Biaya Penarikan dan Pengembalian Dokumen

Biaya Penarikan dan Penggantian adalah biaya yang dipungut jika pemegang polis menarik saldo unit angsuran berulang atau mengajukan polis untuk jangka waktu tertentu. Rumus yang berlaku di Prudential Indonesia adalah biaya yang dikenakan adalah persentase tertentu dari saldo unit anuitas berulang.

Persentasenya tergantung pada tahun pembuatan dokumen. Tahun pertama 75% biaya penarikan dan biaya penebusan sedangkan tahun kedua polis 30%. Sementara itu, untuk tahun ketiga dan seterusnya, dikenakan biaya penarikan dan penukaran 0 persen.

Oleh karena itu, jika pembayaran (presentasi) dilakukan dalam jangka waktu polis yang habis masa berlakunya, maka pembayaran tersebut akan dikenakan biaya penukaran yang besarnya mengikuti tahun berakhirnya polis atau berakhirnya masa berlaku polis.

Biaya Transfer Dana Umum

Di Asuransi Unit Link Prudential Indonesia, Anda akan dibebaskan dari transfer dana investasi atau biaya transfer dengan maksimal 5 transaksi per tahun. Kemudian, pada tahun yang sama, jika ada transaksi lanjutan, biaya transfer dana investasi sebesar Rp. 100.000 akan dikenakan untuk setiap transaksi.

Biaya Pengelolaan Reksa Dana

Merupakan biaya asuransi unit link yang digunakan perusahaan asuransi untuk mengelola dana investasi bersama dengan portofolio dan bank saham. Nilai biaya pengelolaan dana investasi berkisar antara 0,75% sampai 2% dari dana kelolaan.

Pajak

Kebijakan perpajakan yang dikenakan atas Kebijakan Penarikan atau Pengembalian Dana telah dibuat secara tertulis dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku dan/atau perubahannya sebagaimana tertulis dan dikomunikasikan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Ini adalah rincian biaya asuransi secara umum. Sebagai pemegang polis yang cerdas, jangan lupa untuk memahaminya dengan baik.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker