Trend

Elon Musk Resmi Akuisisi Twitter Rp633 Triliun

Berita Trend – Miliarder terkenal dunia Elon Musk menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi Twitter Inc. senilai US$44 miliar atau Rs.633 triliun (dengan asumsi nilai tukar Rs. 14.400). Setelah perjanjian selesai, status perusahaan jejaring sosial ini akan menjadi perusahaan swasta.

Akuisisi ini akan menjadi salah satu akuisisi leverage terbesar dalam sejarah akuisisi platform jejaring sosial berusia 16 tahun yang telah menjadi sorotan publik.

Menurut pernyataan resmi perusahaan, pemegang saham akan menerima $54,20 untuk setiap saham Twitter yang mereka miliki. Harga tersebut 38 persen lebih tinggi dari penutupan saham pada 1 April 2022, hari kerja terakhir sebelum Musk mengungkapkan akuisisi Twitter yang membuat saham melonjak.

Musk, pengguna Twitter dengan lebih dari 83 juta pengikut, mulai mengumpulkan sekitar 9 persen saham pada Januari 2022. Pada Maret 2022, ia meningkatkan kritiknya terhadap Twitter, mengklaim bahwa algoritme perusahaan itu bias dan umpannya penuh teka-teki. dengan posting spam otomatis.

Dia juga mencatat bahwa pertumbuhan pengguna Twitter telah meningkat oleh bot. Setelah menolak undangan untuk bergabung dengan dewan direksi perusahaan, pada 14 April, Musk menawarkan untuk menjadikan Twitter sebagai perusahaan swasta. Dia bermaksud menjadikan Twitter sebagai benteng kebebasan berekspresi dan memberikan petunjuk lebih lanjut tentang perubahan yang dia buat sebagai pemilik.

Ide Musk berkisar dari yang praktis, seperti mengizinkan pengguna untuk mengedit tweet dan memerangi penyebaran bot, hingga yang aneh, seperti mengusulkan untuk mengubah kantor pusat perusahaan di San Francisco menjadi tempat penampungan tunawisma.

“Kebebasan berbicara adalah landasan demokrasi yang berfungsi, dan Twitter adalah arena kota digital di mana hal-hal penting bagi masa depan umat manusia dibahas. Twitter memiliki potensi luar biasa – saya berharap dapat bekerja sama dengan perusahaan dan komunitas pengguna untuk membukanya,” kata Musk dalam sebuah pernyataan, Senin. Dewan direksi perusahaan telah menerima, dan diharapkan akan selesai akhir tahun ini. Musk, orang terkaya di dunia, telah mengambil $ 25,5 miliar utang dan pinjaman margin dan akan menyediakan sekitar $ 21 miliar dengan rencana saham untuk mendanai akuisisi.

Kesepakatan Musk untuk membeli Twitter mencakup klausul bahwa miliarder itu wajib membayar biaya perusahaan jika dia pergi atau kesepakatan itu gagal, menurut sumber Bloomberg.

Kesepakatan itu tidak termasuk klausa “go-shop”, yang berarti Twitter tidak diizinkan untuk meminta penawaran dari calon penawar lainnya. Saat perdagangan dilanjutkan setelah berita tersebut dihentikan, saham Twitter melonjak 5,7 persen menjadi $51,70 pada penutupan Senin di New York.

CEO Parag Agrawal mengirim email ke karyawan Twitter ketika berita itu diumumkan, memberi tahu mereka tentang pertemuan di seluruh perusahaan yang dijadwalkan pukul 2 siang untuk membicarakan kesepakatan itu.

“Saya tahu ini adalah perubahan yang signifikan dan Anda mungkin sedang memproses apa artinya ini bagi Anda dan masa depan Twitter,” tulisnya.

Meskipun Musk tidak merinci rencana khusus untuk mengubah kebijakan Twitter mengenai pidato dan modifikasi konten, Musk telah berbicara secara terbuka tentang rencananya untuk menjadikan platform itu surga bagi pidato online tanpa batas dan mengeluh bahwa layanannya terlalu berat untuk memungkinkan tweet pengguna moderat. .

Perdebatan tentang kebebasan berekspresi di media sosial telah berkecamuk selama bertahun-tahun. Beberapa konservatif politik mengatakan Twitter, induk dari Facebook Meta Platforms Inc. Dan perusahaan internet lainnya memiliki banyak aturan, sementara kaum liberal tidak berpikir bahwa jejaring sosial bertindak cukup jauh untuk mencegah ujaran kebencian dan serangan terhadap layanan mereka.

Menjadi perusahaan swasta juga menandai transformasi radikal untuk perusahaan yang dimulai sebagai layanan pesan untuk berbagi pembaruan status Anda dengan teman-teman. Dalam evolusinya, Twitter telah berkembang pesat menjadi cara bagi penggunanya untuk menyiarkan posting pendek 140 karakter atau kurang kepada pengikut umum.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker