Asuransi

Apakah Asuransi Terhadap Penyakit Kronis Diperlukan?

Inewsindo – Masyarakat Indonesia telah mendapat jaminan dari negara melalui BPJS Kesehatan. Namun, tidak semua jenis pengobatan ditanggung sepenuhnya, termasuk penyakit serius seperti kanker. Apakah perlu memiliki asuransi tambahan? Saat ini ada batas Jaminan Sosial untuk layanan pengobatan kanker, karena tidak semua perawatan atau pengobatan ditanggung. Kondisi ini mulai dipenuhi oleh masyarakat sehingga minat terhadap asuransi kesehatan swasta meningkat.

Penyakit Kronis

Susatio B Widodo dari Willis Re Indonesia mengatakan literasi aspek finansial pengobatan kanker sangat penting untuk mengurangi dampak finansial negatif dari diagnosis dan pengobatan kanker saat terkena penyakit tersebut.

“Sangat penting bagi kita semua memiliki program untuk penyakit kritis, seperti kanker, karena dengan adanya asuransi penyakit kritis ini, begitu kita terdiagnosis, uang akan langsung dicairkan sesuai dengan besaran yang kita sepakati bersama. perusahaan asuransi,” kata Sosatio dalam webinar Yayasan Kanker. . Indonesia pada hari Selasa, 22 Februari 2022.

Sosatio menjelaskan, saat ini tidak semua rumah sakit dapat menerima dua jenis jaminan kesehatan yang berbeda yaitu BPJS dan asuransi swasta, karena ada regulasi yang tidak tumpang tindih, sehingga akan sulit untuk membagi pembayaran antara BPJS dan asuransi swasta.

“Kesulitan kita jika menggunakan dua asuransi kesehatan yang sama adalah kita melanggar aturan. Aturan ini sangat detail, antara BPJS dan swasta, manfaatnya tidak sinkron. Kalau kita membeli asuransi kanker, akan lebih murah. Bukannya menutupi semua penyakit seperti penyakit jantung dll.”

Ini juga memberikan beberapa saran dalam memilih asuransi kesehatan. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa asuransi tersebut sudah terdaftar di asosiasi asuransi jiwa dan memiliki lisensi untuk beroperasi. Selain itu, calon pengguna asuransi juga dituntut untuk melihat secara jelas dan ringkas manfaat apa saja yang dipilih oleh asuransi kesehatan tersebut.

“Mungkin ada yang trauma dengan kasus-kasus sebelumnya, kalau saran saya melihat situasi keuangan, apa ketentuannya,” kata Sosatio. Asuransi juga harus dimulai sesegera mungkin. Pilih juga asuransi yang secara khusus menjamin masalah kesehatan yang kemungkinan akan terjadi di masa depan.

Semakin tinggi risikonya, semakin tinggi biaya penyakitnya. Makanya kita harus spesifik, misalnya kalau risiko kanker sangat tinggi karena kita punya riwayat keluarga, kita ambil uang proteksi sebanyak-banyaknya.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker