Crypto

8 Aplikasi Kripto Berbahaya, Segera Uninstall!

Crypto – Dengan Populernya cryptocurrency, ternyata bahaya masih mengancam penggunanya. Salah satunya adalah sejumlah aplikasi yang dikabarkan berbahaya dan bisa menguras uang.

Ada delapan aplikasi yang ditemukan Google di Play Store. Perusahaan juga mengatakan bahwa mereka telah menghapus semua aplikasi berbahaya.

Pengguna yang telah menginstal aplikasi di ponsel mereka juga diharuskan untuk segera menghapusnya. Caranya masuk ke menu Settings > Applications, lanjutkan dengan menekan nama aplikasi dan pilih Uninstall.

Berikut 8 aplikasi berbahaya :

  • BitFunds – Crypto Cloud Mining
  • Bitcoin Miner – Cloud Mining
  • Bitcoin (BTC) – Pool Mining Cloud Wallet
  • Crypto Holic – Bitcoin Cloud Mining
  • Daily Bitcoin Rewards – Cloud Based Mining System
  • Bitcoin 2021
  • MineBit Pro – Crypto Cloud Mining & btc miner
  • Ethereum (ETH) – Pool Mining Cloud

Semua aplikasi ini menggunakan skema cepat kaya. Pengguna akan diminta untuk menginvestasikan uang mereka dan berharap mendapat untung.

Sayangnya, ini hanya bagian dari penipuan. Seperti yang dilaporkan Trend Micro bahwa aplikasi ini tidak gratis tetapi pengguna harus membayar untuk peningkatan. Uang yang harus dibayarkan juga berkisar antara $14,99 hingga $189,99 atau Rs 213.000 – Rs 2,7 juta.

“Meskipun aplikasi tidak terikat dengan penambangan awan atau memiliki fitur penambangan kripto, beberapa aplikasi mengharuskan pengguna membayar untuk peningkatan kripto melalui penagihan dalam aplikasi seharga $14,99 hingga $189,99,” kata Trend Micro.

Tidak berhenti sampai di situ, aplikasi jahat ini akan meminta korbannya untuk membayar demi meningkatkan kemampuan melakukan penambangan cryptocurrency. Ini adalah tawaran untuk membeli mesin kripto di cloud yang dilakukan melalui aplikasi yang disebut Hadiah Bitcoin Harian – Sistem Penambangan Berbasis Cloud.

Trend Micro menjelaskan: “Ada aplikasi bernama Daily Bitcoin Rewards – Sistem Penambangan Berbasis Cloud yang meminta pengguna untuk meningkatkan kemampuan penambangan mereka dengan ‘membeli’ perangkat keras favorit mereka untuk mendapatkan lebih banyak koin dengan lebih banyak koin.”

Trend Micro menambahkan bahwa bisnis jahat lainnya memaksa mereka untuk menonton iklan dan mengonversi menjadi pelanggan dengan rata-rata $115 per bulan atau 1,6 juta rupee.

Kejahatan yang mengatasnamakan enkripsi ini tidak hanya terjadi pada delapan aplikasi tersebut. Tetapi ada banyak aplikasi yang menggunakan sistem yang sama juga.

Trend Micro melaporkan jumlah lebih dari 120 aplikasi. Dilaporkan bahwa aplikasi ini menginfeksi 4.500 pengguna pada tahun 2020.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker