Tekno

5 Tanda Akun WhatsApp Milikmu Diretas

BeritaTekno – Menggunakan aplikasi perpesanan instan menjadi pilihan utama bagi banyak orang, salah satunya adalah WhatsApp. Kenyamanan yang ditawarkan oleh berbagai fitur aplikasi perpesanan dapat memfasilitasi komunikasi untuk tujuan yang berbeda.

Namun, menggunakan WhatsApp tidak sepenuhnya aman. Belakangan ini, insiden peretasan semakin sering terjadi dan bisa terjadi kapan saja. Jika terjadi peretasan, Anda tidak akan dapat menggunakan aplikasi ini di ponsel atau perangkat apa pun.

Jadi, bagaimana Anda tahu bahwa WhatsApp Anda telah diretas? Lalu bagaimana cara mengamankannya? Simak ulasan berikut ini.

Tanda Akun WhatsApp Milikmu Diretas

1. Mendadak akun tidak bisa digunakan

Tanda pertama adalah bahwa akun WhatsApp tidak dapat digunakan. Hal ini terjadi karena akun Anda tiba-tiba logout atau logout dari perangkat seluler. Kejadian ini bisa jadi merupakan tanda bahwa akun WhatsApp Anda sedang diretas.
Kemungkinan besar orang lain mencoba meretas akun Anda dengan meretas ponsel lain. Cara menghindarinya adalah dengan tidak memberi tahu siapa pun kata sandi satu kali (OTP) Anda.

2. Pesan Asing terkirim

Jika ada pesan tidak dikenal yang dikirim dari akun WhatsApp Anda, itu bisa dilakukan oleh peretas. Meskipun Anda tidak pernah menulis atau mengirim pesan. Anda harus segera mengubah kata sandi dengan terlebih dahulu keluar dari akun WhatsApp Anda yang terhubung ke versi seluler atau web.

3.Pesan Terbaca Sendiri

WhatsApp memiliki fitur untuk menandai pesan sebagai telah dibaca. Tanda baca berwarna biru di WhatsApp bisa menjadi salah satu cara untuk memastikan akun Anda telah diretas atau tidak. Anda harus memperhatikan baik-baik jika ada pesan yang belum dibaca tetapi tidak lagi memiliki tanda baca biru.

4. Online Sendiri

Ini bisa sangat berbahaya. Ya, jika akun WhatsApp Anda muncul online meskipun tidak aktif, maka kemungkinan akun WhatsApp Anda sedang diretas. Untuk mengetahuinya, silakan minta bantuan orang lain untuk mengetahui apakah akun Anda terhubung atau tidak.

5. WhatsApp Web tiba-tiba aktif

WhatsApp Web tiba-tiba aktif juga bisa menjadi tanda bahwa akun WhatsApp Anda sedang diklik. Cara mengeceknya sangat mudah, cukup tap ikon titik tiga di kanan atas layar aplikasi WhatsApp di smartphone.
Kemudian pilih WhatsApp Web. Di sana Anda akan melihat informasi di mana pun akun WA Anda aktif. Jika ada akun mencurigakan yang aktif menggunakan WA Web, segera klik Sign Out atau Sign Out untuk menghindari hacking.
Untuk mengatasi masalah peretasan, WhatsApp sudah memiliki fitur untuk mengamankan akun Anda. Ada pemindai sidik jari dan sistem verifikasi dua faktor.
Terakhir, untuk mengamankan akun Anda dari peretas, Anda dapat menonaktifkan akun Anda selama 30 hari. Hanya dengan begitu Anda dapat mengaktifkannya kembali.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker