Tekno

5 Cara Melacak HP yang Hilang Dan Aplikasi Pelacak HP yang Hilang

BeritaTekno – Pernahkah Anda kehilangan ponsel Anda sebelumnya? Jika iya, Anda pasti bingung bagaimana cara menemukan smartphone yang hilang, apalagi jika terkunci. Jadi, bagaimana Anda melacak ponsel yang hilang ketika sudah mati? Dapatkah ponsel yang hilang karena terjatuh atau dicuri dapat ditemukan kembali?

Anda dapat melacaknya melalui ponsel lain, Anda dapat melalui Global Positioning System (GPS), dan Anda juga dapat menggunakan aplikasi pelacakan Android yang disebut Temukan Perangkat Saya. Tentunya cara tersebut hanya akan berguna untuk jenis ponsel Android saja. Lantas apa saja metode pelacakan ponsel hilang yang bisa dilakukan?

Ponsel yang mati adalah kasus terburuk bagaimana ponsel yang hilang dilacak. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara untuk melacak ponsel yang hilang saat sudah mati.

Melacak HP yang Hilang

Cara Melacak Ponsel Hilang dengan Email

 

Email merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang saat mati, khususnya sistem operasi atau smartphone Android. Sebelumnya, pastikan email yang digunakan sama dengan email di ponsel yang hilang. Dari email ini, kita bisa melacak ponselnya.

Cara melacak ponsel yang hilang melalui email ini sebenarnya adalah fitur Google, yaitu OS Android. Ada beberapa langkah untuk melacak ponsel yang hilang melalui email. Periksa poin-poin di bawah ini untuk dapat melacak ponsel yang hilang melalui email:

 

Tuliskan nama email yang dilampirkan pada handphone yang hilang di halaman website gmail, disarankan menggunakan laptop untuk melakukan pencarian. Setelah itu klik Next.

 

  • Masukkan kata sandi email dan klik Berikutnya.
  • Setelah berhasil login, pilih icon dengan sembilan titik di kanan atas.
  • Kemudian masukkan akun Google Anda (akun Google) dan gulir ke bawah.
  • Kemudian pilih opsi “Temukan Ponsel Anda”.
  • Kemudian pilih ponsel hilang yang disediakan oleh Google.
  • Kemudian pilih opsi “Cari”.
  • Kemudian kita akan dibawa ke Google Maps dan diperlihatkan dimana ponsel kita berada.
  • Untuk melakukan metode melacak ponsel yang hilang dengan email ini, kita membutuhkan perangkat dengan daya baterai penuh. Karena metode pelacakan ponsel yang hilang ini menghabiskan banyak daya baterai.

Cara Melacak HP menggunakan Google Maps

 

Jika metode pelacakan email di atas untuk ponsel yang hilang pada akhirnya akan diarahkan ke Google Maps, kita bisa mencari ponsel yang hilang dalam kondisi mati menggunakan Google Maps secara langsung. Di Google Maps terdapat fitur-fitur yaitu my location, driving direction, business listing dan fitur lainnya yang dapat digunakan untuk melacak handphone. Berikut cara melacak Android menggunakan Maps:

  • Pertama buka aplikasi Google Maps.
  • Kemudian pilih pengaturan, lalu klik “bagikan lokasi”
  • Pilih waktu pelacakan, bisa satu jam atau perkiraan waktu untuk memeriksanya.
  • Kemudian pilih “Orang” dan masukkan alamat email dan nomor ponsel yang dilampirkan ke ponsel yang hilang.
  • Kemudian klik “Bagikan” dan klik “Aktifkan”.
  • Tunggu 24 jam dan lokasi ponsel yang hilang akan terlihat dan dilacak.
  • Ada opsi lain tentang cara melacak ponsel yang hilang saat dimatikan dan itu bisa dilakukan. Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Cara melacak Android yang hilang menggunakan Google ADM

 

Google ADM (atau Android Device Manager) adalah aplikasi gratis dan default yang disediakan oleh Google dengan fungsi utama mendeteksi keberadaan ponsel yang hilang. Salah satu syaratnya, selama ponsel tujuan selalu mengaktifkan GPS. Selain itu, pelacakan hanya dapat dilakukan dengan Google ADM untuk ponsel Android. Berikut langkah-langkah dan cara melakukannya:

– Kita dapat menggunakan alat atau laptop lain untuk masuk ke ADM dengan akun Google untuk masuk.
– Setelah memasukkan ID dan kata sandi gmail Anda, ketuk Terima
– Kemudian kita akan melihat nama smartphone yang terhubung ke alamat email yang digunakan. Klik pada nama smartphone atau ponsel yang hilang.
– Ini akan keluar dimana HP yang hilang berada.
– Jika ADM tidak muncul, kemungkinan HP memiliki masalah atau benar-benar mati karena sistem yang rusak. Menggunakan metode ini tidak seefektif menggunakan Google Maps untuk melacak ponsel yang hilang.

Selain menggunakan langkah-langkah di atas, ada beberapa metode lain yang dapat Anda gunakan untuk melacak ponsel Anda saat sedang aktif. Mulai dari cara melacak ponsel yang hilang dengan ponsel lain, cara melacak ponsel yang hilang melalui WA hingga cara melacak ponsel yang hilang menggunakan nomor ponsel, serta metode lain yang bisa Anda lakukan. Yuk, langsung saja kita simak pembahasannya.

Cara melacak ponsel yang hilang dengan WA

 

Cara alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan WhatsApp atau sering disingkat WA. Cara melacak ponsel yang hilang melalui WA bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

-Pertama buka Whatsapp, kemudian cari kontak atau nomor WA yang dicari. Ketuk kontak yang ingin Anda cari, dan masukkan balon obrolan atau ruang obrolan.

-Kemudian klik lampiran atau ikon lampirkan. Kemudian akan muncul beberapa pilihan mulai dari Document, Camera, Gallery, Audio, Location, dan Contacts. Pilih ikon situs, dan bagikan         lokasi kami saat ini.

-Setelah mengklik “Bagikan lokasi saat ini”, kita akan mendapatkan kotak info lanjutan. Di kotak Anda akan diberi tahu bahwa penerima akan menerima lokasi yang kami bagikan.

-Kemudian pilih opsi “Lanjutkan”.

-Setelah itu, sebuah kotak akan muncul yang berisi periode waktu opsional untuk mendistribusikan situs. Setel waktu maksimal untuk berbagi lokasi Anda, yaitu 8 jam.

-Kemudian tekan “Berikutnya” dan pilih.

-Kemudian kita kembali ke ruang obrolan atau balon obrolan. Lokasi yang kita bagikan dengan nomor HP yang hilang akan muncul.

-Metode selanjutnya untuk melacak ponsel yang hilang melalui WA adalah dengan mengklik lokasi yang dibagikan. Di kotak opsi, centang kotak yang menunjukkan visibilitas situs saat ini.

Kemudian lokasi yang dikirim sebelumnya akan muncul di ponsel penerima, dan ponsel penerima secara otomatis akan mengetahui lokasi kita. Lalu ketuk Dapatkan petunjuk arah, dan masuk ke Google Maps. Google Maps kemudian akan mengarahkan kita untuk mendapatkan lokasi ponsel yang hilang tersebut.
Selain mencari HP hilang dengan melacak HP hilang lewat WA, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan.

Cara melacak ponsel yang hilang menggunakan IMEI

 

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, dan merupakan nomor ID di setiap smartphone. Biasanya terdiri dari 15 hingga 16 angka. Nomor IMEI dapat ditemukan di bagian dalam perangkat setelah baterai.

Anda bisa mengecek nomor IMEI, dan kita bisa melihat menu “About Device” di pengaturan smartphone atau bisa juga mengetik nomor * # 06 #. Setelah itu, biasanya nomor IMEI akan muncul di layar. Lalu bagaimana cara melacak ponsel yang hilang menggunakan IMEI? Sebenarnya caranya agak ribet dan tidak mudah seperti cara lainnya, namun cara melacak handphone yang hilang menggunakan IMEI merupakan cara yang aman. Karena privasi dan data lainnya akan tetap aman dan terjamin.

Setelah mengetahui nomor IMEI, langkah selanjutnya dalam cara melacak ponsel yang hilang menggunakan IMEI adalah menghubungi call center operator smartphone dan menginformasikan kepada kami bahwa ponsel kami hilang, dan memberitahukan nomor ponsel dan nomor IMEI tersebut. smartphone ke operator atau operator. Operator juga akan memberitahukan keberadaan ponsel kita.

Namun yang perlu diperhatikan dan diingat adalah cara ini bisa dilakukan jika ponsel kita yang hilang memiliki koneksi internet, GPS, ponsel dalam keadaan menyala dan masih ada SIM card di dalamnya. Jika ponsel terkunci dan nomor SIM diganti, ponsel tidak dapat ditemukan. Inilah kelemahan menggunakan IMEI.

Aplikasi untuk Melacak HP yang Hilang

 

Selain cara melacak ponsel Android yang hilang dengan nomor ponsel, kita juga bisa melacak Android dengan menggunakan berbagai aplikasi yang dibuat untuk melacak ponsel. Berikut adalah daftar aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang.

1. Find My Device

Aplikasi pertama yang bisa kita gunakan untuk menemukan ponsel yang hilang adalah Find My Device. Salah satu aplikasi yang paling sering digunakan untuk melacak ponsel Android yang hilang. Selain melacak ponsel yang hilang, aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk mengunci smartphone dari jarak jauh dan mengurangi kemungkinan terjadinya sesuatu yang buruk.
Aplikasi untuk melacak ponsel yang hilang

Selain untuk mengurangi kemungkinan buruk, tujuan lainnya adalah melindungi privasi dan data penting di ponsel. Seperti kita ketahui, HP saat ini merupakan alat penting yang memuat banyak hal penting. Saat ponsel kita hilang, kita hanya perlu mengaktifkan “temukan perangkat saya” di browser dan aplikasi akan langsung mencari lokasi ponsel kita yang hilang. Selama ponsel yang hilang terhubung ke Internet.

2. Find My Mobile

Setelah menemukan perangkat saya, aplikasi pelacakan seluler berikutnya adalah Temukan Seluler Saya. Aplikasi ini adalah aplikasi default untuk ponsel Samsung. Pasalnya Samsung memiliki layanan pelacakan dan keamanannya sendiri, yaitu Find My Mobile. Jadi ketika kita kehilangan ponsel kita, kita hanya perlu menggunakan ponsel Samsung lain untuk melacak ponsel kita yang hilang.

Caranya sangat mudah, kita harus masuk ke Settings> Biometrics & Security> Find my mobile phone. Setelah itu, kita dapat memilih untuk mengirim lokasi terakhir untuk mengetahui di mana ponsel atau ponsel kita hilang. Kami juga dapat mengontrol ponsel yang hilang dari jarak jauh menggunakan fitur buka kunci jarak jauh yang disediakan di aplikasi ini.

3. Family Locator

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang adalah Family Locator. Seperti namanya, aplikasi ini dapat melacak keberadaan keluarga kita atau orang terdekat kita, dengan syarat setiap anggota keluarga atau orang terdekat memiliki akun di dalam aplikasi ini.

Menariknya, aplikasi ini tidak hanya menyediakan lokasi real-time dari keberadaan anggota keluarga, tetapi juga dapat memberitahukan riwayat lokasi selama tujuh hari terakhir untuk setiap anggota keluarga. Jadi seandainya smartphone atau handphone kita hilang, kita tinggal meminjam handphone anggota keluarga terdekat kita, dan kita bisa segera mengetahui dimana handphone kita yang hilang.

4. Life360

Life360 adalah aplikasi pelacak ponsel cerdas hilang berikutnya yang dapat kita gunakan. Faktanya, aplikasi ini disebut aplikasi pelacakan all-in-one atau aplikasi pelacakan multi-fungsi. Ini karena kemampuan Life360 untuk mendukung pelacakan batch. Kita bisa membuat grup dengan keluarga atau teman dekat.

Jadi, saat ponsel hilang, melalui set yang dibuat, kita bisa melacak dan mencarinya secara instan menggunakan fitur Life360 bernama Special Map. Tidak hanya pelacakan, Life360 juga memiliki fitur untuk memanggil ambulans, deteksi kecelakaan, dan fitur berguna lainnya.

5. Lost Phone Tracker

Aplikasi pelacak ponsel berikutnya adalah aplikasi yang tidak hanya dapat melacak keberadaan ponsel tetapi juga dapat berbagi informasi lokasi dengan pengguna Android lainnya. Los Phone Tracker bekerja hampir seperti Find My Device.

Melacak ponsel yang hilang menggunakan aplikasi ini juga dapat memberikan pemberitahuan untuk perangkat yang hilang. Selain itu, terdapat juga remote control untuk mengunci HP kamu dan juga factory reset nya.

6. Where’s My Droid

Aplikasi selanjutnya adalah Where’s My Droid. Aplikasi ini dapat membantu kita menemukan ponsel yang hilang, karena memiliki fitur yang mumpuni dan mumpuni. Aplikasi ini juga dapat melacak keberadaan ponsel yang hilang dengan GPS. Fitur GPS nantinya dapat memberikan notifikasi jika ponsel yang hilang hampir habis atau hampir habis.

Jika ponsel kita hilang karena pencuriannya, kita akan menemukan menggunakan aplikasi ini bahwa ponsel kita telah diganti dengan kartu SIM oleh pencuri. Karena jika handphone hilang karena terjatuh, maka tidak mungkin orang lain mengganti SIM cardnya kecuali dengan tujuan untuk merampas handphone tersebut. Dengan aplikasi ini maka bisa diketahui dan akan ada notifikasi.

Banyak sekali penjelasan tentang cara melacak handphone yang hilang, kita bisa menggunakan beberapa pilihan metode yang sudah dijelaskan diatas. Selain itu, banyak juga aplikasi yang juga dapat memberikan bantuan untuk melacak keberadaan ponsel kita yang hilang, baik yang terjatuh maupun dicuri. Namun perlu diingat bahwa langkah-langkah di atas tidak berlaku untuk mereka yang mencari tutorial tentang cara melacak iPhone yang hilang.

Tapi alangkah baiknya kita menjaga ponsel kita dengan baik, karena di era digital sekarang ini hampir setiap aktivitas bergantung dan menggunakan ponsel.

Jadi, jagalah hal-hal elektronik seperti ponsel dengan memberikan perlindungan ekstra. Ponsel yang Anda beli dengan harga satu juta memang pantas untuk Anda miliki

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker