Pengertian Asuransi Dan Macam-Macam Asuransi

Pengertian Asuransi Dan Macam-Macam Asuransi

Asuransi – Istilah asuransi berasal dari kata Inggris insurance, yaitu pertanggungan. Menurut definisi, asuransi adalah asuransi atau perjanjian antara dua pihak, di mana salah satu pihak berkewajiban untuk membayar kontribusi atau premi.

Pengertian asuransi adalah polis yang umumnya digunakan untuk melindungi nilai dari risiko kerugian finansial. Definisi asuransi juga dapat dijelaskan, memecahkan masalah kerugian besar dan kecil.

Terutama yang dapat diakibatkan oleh kerusakan pada tertanggung atau harta bendanya, atau dari tanggung jawab atas kerusakan atau cedera yang disebabkan oleh pihak ketiga.

Abbas Selim menjelaskan melalui bukunya bahwa konsep asuransi adalah keinginan dalam hal menentukan kecil atau kecilnya kerugian tertentu sebagai kompensasi atas kerugian besar yang tidak pasti akan terjadi di masa yang akan datang.

Pelajari tentang asuransiPengertian Asuransi Dan Macam-Macam Asuransi

Di Indonesia, jenis asuransi yang paling umum ada sembilan. Mulai dari berbagai jenis kecelakaan, pendidikan, properti bahkan asuransi jiwa. Berbagai jenis asuransi ini dapat memberikan banyak manfaat. Hal itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 Bab Satu Pasal 1 Ayat 1.

Keberadaan asuransi adalah untuk memberikan ganti rugi kepada tertanggung, atas kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin ditanggung oleh tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk melakukan pembayaran berdasarkan kematian atau hidup orang yang diasuransikan.

Prof. Wirgono Prodgodicoro, S.H. Menegaskan bahwa asuransi adalah perjanjian antara penjamin dan tertanggung. Suatu pihak dijamin akan menerima sejumlah uang sebagai ganti rugi karena suatu peristiwa yang tidak dapat dijelaskan.

Berikut adalah pengertian asuransi menurut para ahli:

1.Profesor Mehr dan Cammack

TRENDING;  Dana Investasi Asuransi Jiwa Republik Indonesia Tembus Rp 510 Triliun

Pengertian asuransi menurut Mehr dan Kamak adalah menyebutkan asuransi sebagai alat untuk mengurangi risiko keuangan. Caranya adalah dengan mengumpulkan unit eksposur dalam jumlah yang cukup. Dengan demikian, kerugian individu dapat diprediksi. Setelah itu, masing-masing anggota akan sama-sama menanggung kerugian.

2. Amy Bangaribwan

Pengertian Asuransi menurut Emmy Pangaribuan adalah suatu perjanjian dimana tertanggung menikmati premi dan mengikatkan dirinya kepada tertanggung. Tertanggung selanjutnya akan terbebas dari risiko kerugian karena kehilangan atau kekurangan keuntungan yang mungkin diderita tertanggung karena suatu peristiwa yang tidak dapat dijelaskan.

3. Profesor Mark R. Green, MD

Pengertian Asuransi menurut Mark R. Green adalah suatu lembaga ekonomi yang bertujuan untuk mengurangi risiko tertentu. Menggabungkan sejumlah objek dengan jumlah yang cukup besar yang dikelola oleh asuransi. Diharapkan kerugian yang terjadi secara keseluruhan dapat diramalkan dalam batas-batas tertentu.

Jenis asuransi

1. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan pertanggungan atas gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kecelakaan atau penyakit.

2. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang memberikan pertanggungan atas kematian klien yang bernilai finansial.

3. Asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan adalah asuransi yang memberikan jaminan pendidikan kepada tertanggung.

4. Asuransi bisnis

Asuransi usaha adalah asuransi yang memberikan jaminan kepada perusahaan apabila terjadi risiko yang menimbulkan kerugian, seperti kehilangan, kerusakan, dan lain-lain.

5. Asuransi Properti

Asuransi properti adalah asuransi yang memberikan pertanggungan kepada pemilik rumah atau properti jika terjadi kerusakan properti.

6. Asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan adalah asuransi yang memberikan pertanggungan atas kendaraan apabila terjadi risiko seperti kerusakan karena kecelakaan, kehilangan, dan lain-lain.

7. Asuransi Perjalanan

Sedangkan asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang menjamin perlindungan bagi pemegang polis selama perjalanan, seperti perlindungan terhadap biaya pengobatan, kehilangan barang di bagasi, kehilangan dokumen perjalanan dan lain-lain.

TRENDING;  Pemerintah Berencana Untuk Melakukan Berbagi Keuntungan Dengan Asuransi Swasta Tahun Depan

Daftar Isi