Update iOS 14.8, Lindungi Pengguna dari Software Mata-Mata

Update iOS 14.8, Lindungi Pengguna dari Software Mata-Mata

Iphone – Semuanya dimulai dengan penemuan oleh peneliti keamanan tentang kerentanan yang memungkinkan spyware dari NSO Group Israel untuk menyuntikkan malware ke iPhone, Apple Watch, atau Mac Anda.

Tim Apple dikatakan telah bekerja keras sejak Selasa lalu, ketika peneliti keamanan siber di Citizen Lab menemukan bahwa iPhone milik seorang aktivis Saudi telah terinfeksi spyware Pegasus oleh kelompok NSO.

Spyware Pegasus

Menurut laporan yang sama, spyware dengan alias spyware yang disuntikkan ke iPhone aktivis itu disebut Pegasus.

Spyware dikatakan dapat menginfeksi perangkat pengguna tanpa sepengetahuan pemilik perangkat.

Setelah iPhone diserang, Pegasus dapat mengontrol akses ke kamera dan mikrofon, lalu mengaktifkannya tanpa sepengetahuan pemilik perangkat.

Tidak hanya itu, Pegasus juga dapat merekam pesan, SMS, email atau panggilan dan mengirimkannya ke klien pengguna perangkat lunak NSO di seluruh dunia.

Yang terburuk, pesan terenkripsi yang dikirim melalui Signal tidak terlindungi saat menginfeksi iPhone pengguna.

Cara memperbarui iOS 14.8

“Spyware ini dapat melakukan semua yang dapat dilakukan pengguna iPhone di perangkat mereka, dan banyak lagi,” kata John Scott Railton, peneliti dari Citizen Lab.

Menurutnya, karena kemampuan zero-click, pengguna tidak akan mendapatkan tanda-tanda bahwa iPhone mereka terinfeksi. Malware lain biasanya mengirimkan tautan phishing melalui email atau pesan, tetapi tidak melalui Pegasus.

Untuk kerentanan ini, Apple merilis iOS 14.8 sebagai upaya untuk memperbarui keamanan perangkat dari Pegasus.

Pengguna iPhone atau iPad dapat menemukan pembaruan iOS 14.8 dengan masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apple mengatakan pembaruan iOS 14.8 membawa pembaruan keamanan penting dan merekomendasikan pengguna untuk memperbarui perangkat lunak mereka.

Tidak hanya itu, Apple juga menawarkan pembaruan keamanan serupa untuk Apple Watch (melalui WatchOS 7.6.2) dan macOS (melalui Big Sur 11.6).

TRENDING;  Cara Menerjemahkan file PDF dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

Apple juga menyatakan bahwa sistem operasi iOS 15-nya akan memberikan perlindungan dari perangkat lunak Pegasus hari ini.

Tentang NSO Grup

NSO Group sebelumnya mengatakan hanya menjual spyware kepada pemerintah negara yang memenuhi standar hak asasi manusia tertentu.

Namun, selama enam tahun terakhir, spyware Pegasus telah muncul di smartphone para aktivis, pengacara, pembangkang, dokter, anak-anak dan ahli gizi di berbagai negara. Misalnya di Uni Emirat Arab, Meksiko dan Arab Saudi.

Pada Agustus 2021, Washington Post menerbitkan hasil investigasi yang menunjukkan bahwa ponsel 37 jurnalis dan aktivis hak asasi manusia terinfeksi spyware Pegasus.

Dua dari 37 smartphone yang diserang oleh Pegasus adalah milik dua wanita yang dekat dengan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, yang dilaporkan terbunuh setelah menulis artikel yang kritis terhadap pemerintah Saudi.