Google Classroom

Mengenal Google Classroom dan fitur-fiturnya

iNewsindo – Sudah lebih dari setahun proses belajar mengajar dilakukan secara online di semua jenjang pendidikan di Indonesia. Beberapa media digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut. Google Classroom adalah salah satu media yang populer. Selain Google Classroom, masih banyak media lain seperti media pembelajaran saat sekolah atau kuliah online.

Berdasarkan rangkuman tim Databoks pada Desember 2020, setidaknya ada dua belas media yang biasa digunakan oleh para pendidik selama masa pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Google Classroom menempati urutan kedua dengan 54% pengguna. Berikut data lengkapnya.

Google Classroom dan fitur-fiturnya

Google classroom merupakan produk dari perusahaan teknologi ternama, Google. Platform ini biasa digunakan untuk proses pembelajaran online atau online. Aplikasi ini berisi fitur lengkap yang mendukung proses belajar menjadi lebih mudah. Penggunaan aplikasi ini juga sangat sederhana sehingga memudahkan siapa saja untuk mengaksesnya.

Selain itu, ternyata masih banyak lagi keunggulan lain yang dimiliki platform pembelajaran online ini. Jika Anda tertarik untuk mengetahui kelebihannya, simak penjelasannya berikut ini:

Mudah untuk mengelola tugas yang diberikan

Di Google Classroom terdapat fitur untuk memberikan dan mengirimkan tugas dengan mudah. Terdapat halaman atau bagian khusus yang dapat digunakan untuk menampilkan tugas dari guru atau ketua kelas. Format pekerjaan sangat berbeda dari dokumen, PDF, gambar, atau bentuk file lainnya.

Tugas di Google Classroom juga dapat dilihat di Google Calendar, jadi ketika Anda memasukkan tenggat waktu atau tenggat waktu, pemberitahuan akan dikirim untuk bertindak sebagai pengingat. Dengan fitur ini, keterlambatan pengiriman tugas dapat dikurangi.

Jika tugas terlambat diserahkan, Google Classroom akan memberitahukan waktu keterlambatan. Hal ini membuat evaluasi yang diberikan oleh guru lebih objektif dan adil. Nilai yang diberikan guru untuk tugas di Google Classroom juga dapat dilihat oleh siswa, sehingga transparansi nilai lebih jelas.

TRENDING;  3 Cara Menghilangkan background Foto Tanpa Aplikasi

File yang diunggah ke ruang kelas disimpan di Google Drive

Google classrom adalah bagian dari G Suite sehingga akan terhubung ke banyak fitur Google lainnya seperti google drive, google calendar, hangouts Meet, google form, sheets, docs, gmail dan banyak lagi. Karena terhubung ke GDrive, semua file yang diunggah oleh guru atau administrator dari Google Classroom dapat disimpan di GDrive kita.

Ini memberikan keuntungan kepada pengguna karena mereka tidak perlu khawatir kehilangan file. File yang disimpan di gdrive juga memudahkan untuk mengunduh dan mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

Aman dan bebas iklan

Keuntungan selanjutnya adalah aman dan bebas iklan. Saat menggunakan media pendidikan lain, kita sering dibatasi oleh iklan yang bertebaran. Namun, di Google Classroom sangat nyaman karena tidak ada iklan. Platform ini juga sangat aman.

 Gratis

Berbeda dengan platform media pembelajaran lain yang mewajibkan penggunanya untuk berlangganan, kelas GC atau google ini menyediakan layanan berlangganan gratis alias 100% gratis.