Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Olahraga Lari

5 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Olahraga Lari

Beritahealth – Berlari adalah cara yang dilakukan banyak orang untuk menurunkan berat badan. Bagi pemula yang ingin sukses menurunkan berat badan dengan berlari, simak tips berikut ini.

Latihan kardio selalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membantu menjaga berat badan yang sehat. Namun, jika Anda termasuk orang yang lebih suka lari untuk menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, terutama bagi pemula.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut apa saja yang harus diwaspadai, simak lima cara  menurunkan berat badan dengan berlari sebagai berikut.

1. Melakukan Pemanasan dan peregangan

Tips pertama bagi pemula yang ingin menurunkan berat badan dengan berlari adalah melakukan pemanasan dan peregangan. Jangan mulai berlari tanpa pemanasan dan peregangan yang tepat.

Ini karena pemanasan dan peregangan sebelum berlari dapat membantu otot Anda mengembang dan meningkatkan refleks, yang pada gilirannya mencegah cedera. Berbagai jenis latihan peregangan atau pemanasan dapat membantu melumasi sendi dan otot.

2. Kenakan sepatu lari yang tepat

Jika kita seorang pelari atau pemula yang ingin berlari untuk menurunkan berat badan, kita harus memiliki sepatu lari yang tepat. Mengenakan sepatu lari yang baik tidak hanya akan mencegah segala jenis cedera, tetapi juga akan membuat lari Anda lebih lancar dan stabil.

Sepasang sepatu yang baik membantu mengatur dampak yang bergerak ke atas kaki ketika kaki kita menyentuh tanah.

Lihat tips penurunan berat badan lainnya di halaman berikutnya

3. Hindari makan berlebihan

Saran lain bagi pemula untuk menurunkan berat badan adalah jangan makan berlebihan sebelum berolahraga. Jangan makan berlebihan sebelum berlari, bahkan jika Anda berpikir berlari akan membantu Anda mencerna makanan.

TRENDING;  3 Tips Sembunyikan Foto Kenangan di Google Photos

Saat berlari, darah mengalir ke otot rangka yang membantu kita berlari, sedangkan aliran darah ke sistem pencernaan berkurang. Inilah sebabnya mengapa tubuh kita tidak dapat mencerna makanan. Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan peradangan, kram, dan rasa sakit yang parah di tubuh.

4. Tetap terhidrasi

Menghidrasi diri sendiri adalah kunci untuk menurunkan berat badan, terutama ketika kita telah memilih untuk menurunkan berat badan dengan bantuan lari.

Minum banyak air membuat kita aktif lebih lama dan menghindari serangan dehidrasi setelah waktu yang lama. Hindari juga minuman manis atau berkafein.

5. Konsistensi adalah kuncinya

Tip lain untuk pemula yang sedang berlari untuk menurunkan berat badan adalah dengan berlari terus-menerus. Jika kita ingin menurunkan berat badan dengan bantuan lari, kita harus ingat bahwa konsistensi adalah kuncinya.

Jika kita berlari selama satu atau dua hari dan kemudian berhenti, kita tidak melakukan apa-apa. Jadi, jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan, patuhi rencana dan mulailah membangun tingkat fleksibilitas Anda. Ini tentu saja akan membantu kita tetap berada di jalur yang benar dan mendorong kesuksesan dalam penurunan berat badan.

Berikut beberapa tips untuk pemula yang ingin menurunkan berat badan dengan berlari. Mainkan semua tips di atas agar Anda bisa merasakan hasilnya secara maksimal.