Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop

Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop

BeritaTekno Cara menyambungkan monitor HP ke laptop menjadi suatu kebutuhan bagi berbagai pihak untuk melakukan aktivitas. Misalnya, seorang dosen ingin menampilkan materi di ponselnya melalui laptopnya untuk dibagikan kepada mahasiswa sambil belajar dari jarak jauh.

Jika layar ponsel muncul di laptop, dosen dapat dengan mudah membagikan layar tersebut kepada mahasiswanya. Insiden seperti ini membuat menghubungkan layar ponsel ke laptop secara nirkabel penting di era digital ini.

Cara mudah untuk menghubungkan monitor HP ke laptop menggunakan WiFi

Cara menghubungkan layar HP ke laptop pertama melalui WiFi. Cara ini membutuhkan bantuan aplikasi Mirroring360 Sender yang terpasang di ponsel.

Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Google Play Store. Anda tidak perlu khawatir tentang penyimpanan, karena Mirroring360 Sender relatif ringan.

Berikut cara mirroring layar HP secara nirkabel ke laptop dengan Mirroring360 Sender

1. Unduh melalui Google Play Store dan instal aplikasi Mirroring360 Sender di ponsel yang Anda gunakan.

2. Hubungkan ponsel dan laptop menggunakan WiFi atau jaringan lokal yang sama.

3. Buka aplikasi Mirroring360 Sender, lalu pilih Connect HP monitor to laptop.

Meskipun sangat mudah untuk melakukan ini, cara menghubungkan layar ponsel ke laptop melalui Mirroring360 cukup terbatas. Versi gratis dari aplikasi ini hanya dapat digunakan di jaringan yang sama yang berarti berada di satu situs terdekat.

Jika Anda ingin menghubungkan monitor HP ke laptop Anda dari jarak jauh, Anda perlu membeli lisensi dan mengaktifkan Mirroring360 Pro.

Cara menghubungkan monitor HP ke laptop menggunakan kabel USB

Cara menampilkan layar HP di laptop dengan USB bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi Scrcpy di laptop. Anda harus mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui GitHub terlebih dahulu.
Selanjutnya, Anda perlu menginstal aplikasi Scrcpy di laptop tujuan. Berikut cara menyambungkan layar handphone ke laptop menggunakan kabel data dengan bantuan aplikasi Scrcpy:

TRENDING;  4 Aplikasi Perekam Layar Handphone Anda, aplikasi bawaan Google Play Game Salah Satunya

1. Pertama, Anda harus menyiapkan laptop tujuan. Anda dapat mengunduhnya melalui GitHub.
Selanjutnya, Anda perlu melalui proses fiksasi atau fiksasi dengan ekstraksi. Setelah itu, aplikasi Scrcpy akan diinstal di laptop.

2. Langkah selanjutnya adalah mengatur koneksi di telepon. Anda harus melakukan langkah ini dengan mengaktifkan mode debugging USB.
Anda dapat mengaktifkan mode debugging USB ini dengan membuka “Pengaturan” atau “Pengaturan” di ponsel. Selanjutnya, buka “Tentang Ponsel” atau “Tentang Perangkat”. Lalu, ketuk Build Number tujuh kali.
Selanjutnya, Anda harus membuka Opsi Pengembang di bawah Pengaturan dan mengaktifkan USB Debugging.

3. Jika Anda telah menyelesaikan pengaturan pada laptop dan ponsel tujuan, Anda dapat mulai menghubungkannya dengan kabel USB.

4. Selanjutnya, buka aplikasi Scrcpy dengan mengklik dua kali “scrcpy.exe” di laptop Anda untuk meluncurkan aplikasi Scrcpy.

5. Kemudian, lihat kembali ponsel yang Anda gunakan. Jika muncul konfirmasi konfirmasi “Allow USB debugging?” Di ponsel, Anda harus menyetujui konfirmasi ini untuk menghubungkan layar HP ke laptop.

6. Setelah menghubungkan layar HP ke laptop tanpa lag diatas maka akan muncul layar HP di laptop. Anda dapat mulai menggunakan mouse untuk menjalankan perintah di ponsel.

7. Terakhir, jika Anda sudah selesai dan ingin memutuskan koneksi display HP ke laptop, Anda hanya perlu mencabut kabel USB.

Cukup sambungkan ponsel dan laptop Anda dengan USB jika Anda ingin menampilkan kembali layar HP di laptop Anda. Oleh karena itu, tidak perlu mengatur ulang pada langkah 1-5.
Cara di atas bisa Anda lakukan lagi asalkan ponsel dan laptop yang digunakan adalah perangkat yang sama dan digunakan sebelumnya.

Daftar Isi