Trend

14 Ciri-Ciri Orang Tua Yang Memiliki Pola Asuh Strict Parents

Strict Parents – Secara psikologis, strict parents didefinisikan sebagai orang tua yang menempatkan standar dan tuntutan yang tinggi pada anak-anaknya. Orang tua yang memiliki pola asuh strict parents dapat menjadi otoriter atau tidak tergantung pada keyakinan orang tua terhadap disiplin dan tanggap terhadap kebutuhan anak-anaknya. Apa ciri-ciri strict parents ?

Tidak sedikit strict parents , tetapi tidak seimbang dalam organisasi pengasuhannya. Banyak orang tua yang keras, dingin, tidak responsif, dan tidak mendukung anak-anak mereka. Bahkan tidak sedikit orang tua yang memberlakukan aturan yang sangat ketat dan sewenang-wenang terhadap anaknya.

Ciri-ciri Strict Parents

Orang tua yang strict parents dan otoriter biasanya tidak mengizinkan anak-anak mereka untuk mengungkapkan pendapat mereka atau mempertanyakan keputusan yang dibuat orang tua untuk anak-anak mereka.

Pola asuh yang diterapkan orang tua strict parents  adalah pola asuh otoriter yang akan memberikan hasil yang kurang baik. Efeknya sangat beragam dan tentunya merugikan, antara lain masalah perilaku, harga diri rendah, masalah pengendalian diri, dan masalah kesehatan mental.

strict parents juga cenderung menempatkan standar dan tuntutan yang tinggi pada anak-anak mereka, dan mereka biasanya menetapkan aturan yang sewenang-wenang. Sayangnya, standar dan norma yang tinggi ini tidak didukung oleh dukungan dan sambutan hangat dari anak-anak. Mereka cenderung dingin, tidak responsif dan tidak mendukung anak-anak mereka.

Ciri-ciri Strict Parents

  1. Memberikan banyak aturan yang terkesan ketat dan menuntun
  2. Menuntut anak untuk mematuhi secara membabi buta harapan orangtua
  3. Tidak memberikan kesempatan kepada sang anak untuk bertanya mengenai otoritas orang tua, termasuk aturan-aturan yang diberikan
  4. Memberikan hukuman yang berat setiap melanggar aturan
  5. Bersikap dingin
  6. Tidak responsif terhadap anak
  7. Kerap kali menggunakan kata-kata yang kasar dan memalukan
  8. Tidak membiarkan anak memberikan partisipasi dan haknya dalam mengambil keputusan
  9. Menaruh harapan tinggi yang tidak realistis
  10. Tidak toleransi pada kesalahan apapun
  11. Cenderung egois, selalu merasa benar
  12. Tidak membuka akses komunikasi yang baik dengan sang anak
  13. Kepatuhan dinilai sama dengan cinta
  14. Kontrol penuh ada di orang tua

Itulah beberapa ciri-ciri strict parents.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker