Tekno

13 Cara Meningkatkan Kecepatan Kinerja Laptop / Komputer

INewsindo  – Terkadang komputer laptop atau komputer desktop kita ini sering mengalami proses yang lambat / lemot, Bahkan bisa mengganggu apa yang sedang dilakukan. Ada banyak alasan yang mempengaruhi lambatnya kinerja laptop / komputer anda, salah satunya bisa jadi karena kebanyakan instalasi berat, game atau juga karena terinfeksi virus. Berikut tips sobat untuk menghadapi komputer yang lambat, dengan kata lain untuk Meningkatkan Kecepatan Kinerja Laptop / Komputer ;

 

1. Hapus program yang tidak digunakan

Meskipun tidak dimulai, program yang jarang atau tidak pernah digunakan dapat memengaruhi kinerja komputer Anda. Terutama program yang menyimpan setting di registry. kenapa? Karena setiap kali komputer dinyalakan, registry windows akan dimuat ke dalam memori, jadi semakin tinggi volumenya, semakin banyak pula memori yang digunakannya.

 

2. Periksa program yang bekerja secara otomatis dengan Windows

Ini dapat diverifikasi dengan program seperti Putar Otomatis. Biasanya ada beberapa program yang selalu berjalan yang sebenarnya tidak terlalu penting atau tidak terlalu penting.

 

3. Defragmentasi hard drive Anda

Ini dapat dilakukan melalui menu Properties-> System Tools-> Disk Defragmenter. Yang bertujuan untuk mengatur ulang file dalam urutan prioritas.

 

4. Matikan layanan yang tidak digunakan

Ini membutuhkan pengetahuan tentang komputer. Layanan adalah program / perpustakaan yang juga berjalan (dimuat) di setiap Komputer Langsung. Ini dapat dilihat di Control Panel> Alat Administratif> Layanan. Jika komputer tidak pernah digunakan melalui Internet (Internet), ada beberapa layanan yang dapat dinonaktifkan. Misalnya Windows Time dan banyak layanan lainnya (Anda dapat memeriksa informasinya). Namun Anda juga harus berhati-hati, jika salah mungkin menyebabkan beberapa fungsi Windows tidak berfungsi.

 

5. Hindari menggunakan skin windows

Terkadang, penggunaan bentuk jendela tambahan dapat memengaruhi kinerja secara signifikan. Terutama penggunaan software tambahan. Sebaiknya jika ingin tampilan yang berbeda, gunakan saja Windows Themes (jendela default).

 

6. Matikan beberapa efek visual Windows

Selain itu, beberapa efek windows [xp] yang tidak terlalu penting dapat dinonaktifkan. Ini dapat dilakukan dengan mengklik kanan pada My Computer dan memilih Properties. Pada tab Advanced, di bagian Performance, klik tombol Settings. Efek visual yang tidak terlalu penting dapat dinonaktifkan.

 

7. Membatasi jumlah font tambahan

Ini memengaruhi aplikasi yang menggunakan opsi font seperti Microsoft Office. Jumlah font tambahan akan mempengaruhi memori yang digunakan dan pengunduhan akan lebih lambat.

 

8. Hapus ikon yang tidak penting di desktop

Seringkali program yang diinstal di komputer membuat pintasan (ikon) baru di desktop. Jika kita jarang menggunakan kode-kode ini, lebih baik untuk menghilangkannya, karena dapat sedikit mengurangi penggunaan memori.

 

9. Pindai komputer Anda dari virus, spyware, trojan, dan sejenisnya

Jika komputer Anda terinfeksi virus, sebagian besar kinerjanya akan menurun, dan bahkan komputer bisa menjadi sangat lambat. Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga agar komputer Anda bebas virus. Kemudian jika komputer sering online, komputer harus dipindai sebulan sekali untuk mencari spyware, perangkat lunak komersial, dan sejenisnya.

 

10. Gunakan program alternatif yang lebih ringan

Beberapa perangkat lunak enklosur hanya digunakan untuk beberapa hal sederhana. Misalnya ACDSee hanya digunakan untuk menampilkan gambar atau gambar saja. Jika Anda hanya ingin melihat gambar dalam format standar, Anda dapat menggunakan utilitas yang disertakan di Windows, karena ACDSee cukup berat, terutama versi yang lebih baru.

 

11. Menggunakan TuneUp, defragmentasi dan sejenisnya.

Jika kita mengalami masalah optimasi sistem manual dan menginginkan cara yang mudah, kita dapat menggunakan software TuneUp, registry defragmentasi, dan sejenisnya.

 

12. Peningkatan perangkat keras

Jika Anda memiliki uang ekstra dan spesifikasi komputer masih sederhana, Anda dapat mengupgrade perangkat keras seperti memori, CPU, atau VGA. Yang paling berdampak biasanya adalah memori dan CPU.

 

13. Penginstalan ulang

Terkadang sistem sudah terlalu tua dan penuh dengan perangkat lunak yang tidak digunakan / jarang digunakan, meskipun telah ditingkatkan, masih lambat. Jika demikian, menginstal ulang mungkin merupakan solusi terbaik, karena biasanya dengan sistem yang lebih baru, kinerja dapat ditingkatkan.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker